Gejala Diabetes yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh: -

Peyakit diabetes memang sulit untuk dideteksi gejala awalnya, karena gejala yang timbul sering dianggap gejala ringan atau gejala biasa. Orang awam sendiri tidak menyadari kalau dirinya itu sudah perlu untuk melakukan perawatan medis demi menghindari diabetes berlanjut. Ketika diabetes terlambat ditangani makan akan sangat berbahaya bagi seseorang.


Gejala Diabetes


Karena penderita gejala diabetes umumnya baru menyadari penyakitnya setelah melakukan pemeriksaan, maka tidak heran bila jumlah penderita diabetes di Indonesia bertambah dari tahun ke tahun. Jangan jadikan usia muda untuk patokan waspada, karena semakin banyak penderita diabetes berusia muda bahkan remaja. Seperti apakah gejala diabetes tersebut. Mari kita simak gejala diabetes tersebut. Namun sebelum menyimak mungkin artikel mengenai gejala asam urat ini juga bermanfaat.

Gejala Diabetes


1. Turunnya Berat Badan Tanpa Sebab

Janganlah senang dulu ketika mengetahui berat badan menurun drastis dalam waktu singkat dan tanpa sebab pasti. Berat badan normal akan turun bila Anda mengubah pola hidup ataupun pola makan, yaitu melakukan aktivitas melebihi hari hari biasanya maupun melakukan diet sehat. Berat badan turun tanpa sebab bisa menjadi suatu indikasi dari gejala diabetes tipe 1. Saat seseorang terkena diabetes, tubuh orang tersebut tidak bisa menggunakan glukosa lagi dengan tepat kemudian memakai timbunan lemak yang ada pada tubuh sebagai sumber energi utama. Itulah yang menyebabkan berat badan turun tanpa sebab.

2. Sering Merasa Haus

Penderita gejala diabetes akan merasakan haus sepanjang hari tanpa sebab pasti. Hal tersebut  terjadi karena tubuh kehilangan air akibat poliuria dan membutuhkan pasokan cairan tubuh lebih banyak.

3. Sering Buang Air Kecil

Kejadian ini dinamakan poliuria. Ini merupakan gejala atau indikasi lain bahwa seseorang mengidap gejala penyakit diabetes.

4. Daya Penglihatan Menurun

Glukosa di dalam darah meningkat dan akan menyebabkan pandangan mata menjadi tidak jelas atau kabur. Pandangan kabur disebabkan karena adanya tumpukan glukosa di sekitar lensa mata.

5. Fisik Menjadi Lemah

Gejala lain yang ditimbulkan adalah kondisi fisik yang mudah lelah.

6. Porsi Makan Bertambah

Porsi makan bertambah diakibatkan penderita akan sering merasa lapar meski telah makan lebih banyak. Secara medis hal ini disebut polifagia.

7. Penggelapan Warna Kulit

Bintik bintik hitam akan mulai muncul di kulit terutama disekitar leher. Bintik hitam terjadi akibat respon tubuh terhadap insulin untuk menghasilkan lebih banyak pigmen.

8. Luka Lebih Lama Sembuh

Jika terjadi kecelakaan dan mendapat luka namun butuh waktu lama untuk sembuh atau kering adalah salah satu gejala diabetes juga.

9. Telapak Kaki Menjadi Mati Rasa

Semisal kaki terkena batu atau jarum namun tidak terasa sakit, waspadalah, ini gejala diabetes yang menurunkan fungsi saraf sehingga tidak normal seperti biasanya.


Itulah beberapa indikasi gejala diabetes. Namun bagaimana cara untuk menecegahnya ? Mari lanjutkan membaca uraian berikut.

Cara Simpel Mencegah Diabetes

1. Pertahankan Berat Badan Sehat
Sebagian besar orang yang terdiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

2. Telurusuri Riwayat Keluarga
Bila dalam keluarga terdapat salah seorang mempunyai riwayat ini, maka Anda juga bisa terkena kemungkinan terkena penyakit ini.

3. Aktif Secara Fisik
Olahraga teratur akan mencegah timbulnya diabetes. Oleh karena itu jangan pernah malas ntuk berolah raga

4. Konsumsi Makanan Rendah Lemak dan Gula
Hal ini sangat penting karena penyakit ini ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh memproduksi insulin untuk mengubah gula menjadi energi, Batasi konsumsi gula dan karbohidrat.

5. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur Segar
Zat warna dalam buah buahan dan sayuran dipercaya merangsang produksi insulin dan menghambat proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein sehingga merangsang pembentukan Advenced Glycation End products (AGE)