Cara Mengatasi Stress Berat

Ditulis oleh: -
Mengatasi Stress memanglah sangat diperlukan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung. Kadang kadang orang stress tidak ingin mengaku apa penyebab stress tersebut karena menganggap itu adalah masalah pribadi seseorang.

Stress akan membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline berlebih dimana hormon ini berfungsi untuk mempertahankan diri. Stress ringan dapat menjadi alasan seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih cepat juga keras sehingga akan mampu melewati tantangan dalam kehidupan sehari hari. Stress ringan dapat merangsang rasa lebih bergairah dalam kehidupan rutinitas yang terbilang membosankan.

Tetapi bila stress telah berat atau berkelanjutan, akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan.
Penyebabnya antara lain :
1. Beban fisik yang relatif lama
2. Ketidak puasan terhadap pencapaian hasil upaya / merasa superior
3. Kekhawatiran terhadap sesuatu  / kurang percaya diri
4. Kegagalan dalam usaha

Mengatasi Stress







Apabila stress berat telah melanda, perlu beberapa perubahan sikap dalam mengatasi hal ini. Berikut ini beberapa cara mengatasi stress.

Cara Mengatasi Stress

 

1. Relaks atau Santai Sejenak
Rileks kan dulu otot syaraf ketika mencoba mengatasi stress, melakukan rileks dapat dilakukan dengan cara mendengarkan musik, mandi air hangat, makan coklat, yoga. Lakukanlah hal tersebut, namun masih banyak cara cara lain dalam mengatasi hal ini sesuai keinginan selera.

2. Berolahraga
Berolahraga secara teratur dapat mengatasi stress juga meningkatkan rasa nyaman pada tubuh. Cara mengatasi stress dengan berolahraga juga sangat baik dalam program diet dan bisa menambah kekebalan tubuh kita.

3. Tegas dan Punya Prinsip
Terkadang stress bisa diakibatkan dari sikap kita yang kurang bersikap tegas dan berani untuk mengatakan "tidak" pada permintaan orang lain. Entah itu karena malu, kasihan, dan lain sebagainya. Pada akhirnya kita terjebak hal tersebut dan merasa tak berdaya, bahkan merasa diperalat orang lain tanpa bisa melakukan perlawanan. Oleh karena itu bila kita merasa tidak sanggup memenuhi permintaan seseorang , jangan takut untuk mengatakan "tidak", pastinya dengan alasan dan bahasa sopan agar orang tersebut tidak merasa tersinggung.

4. Curhat Pada Orang Terpercaya
Inilah salah satu cara mengatasi stress berat. Ceritakan masalah pada orang lain untuk mengurangi beban pikiran kita. Bila seseorang tersebut dapat memberi solusi yang tepat, bisa bisa stress kita akan menghilang begitu saja.

5. Jalan Jalan
Jalan jalan bersama teman maupun keluarga adalah cara mengatasi bahkan bisa menjadi obat stress. Karena pikiran kita akan teralihkan dari hal pembuat stress menuju hal kesenangan. Ini juga akan membantu mencari inspirasi beserta solusi atau jalan keluar.

6. Melihat Video Lucu
Melihat video lucu adalah obat yang sangat ampuh untuk menghilangkan stress. Video ini dapat dicari di berbagai tempat seperti toko DVD, internet pun juga bisa.