Cara Diet Sehat yang Tidak Menyiksa Diri

Ditulis oleh: -

Tubuh ramping merupakan dambaan dari setiap wanita di Indonesia bahkan seluruh dunia. Melakukan diet sehat adalah hal yang perlu dilakukan agar tidak meyiksa diri sendiri. Diet sehat tidak perlu dilakukan dengan cara mengurangi waktu makan seperti makan hanya 1 kali dalam sehari. Hal tersebut dapat menyiksa tubuh bahkan buruk bagi kesehatan kita.


Diet Sehat


Sejak era Ratu Cleopatra hingga masa wanita urban saat ini, diet demi mendapat tubuh ramping merupakan salah satu contoh dari Pain of beauty (sakit untuk cantik) yang tak lekang oleh waktu. Seiring berjalannya waktu, telah ditemukan beberapa cara diet yang sehat dan tidak menyiksa diri. Diet sehat seperti apakah itu ? Mari simak ulasan diet sehat dibawah ini.

Cara Diet Sehat


1. Minum Air Putih
Minum air putih dapat mengurangi rasa lapar pada tubuh. Lakukan hal tersebut sebelum tergoda untuk mengkonsumsi makanan yang menyebabkan diet Anda gatot (gagal total). Diet dengan cara mengkonsumsi air putih, membuat porsi makan menjadi berkurang. Air putih terbilang sehat karena dapat melarutkan lemak jahat, ini sangat baik untuk kesehatan.

2. Kunyah Makanan Lebih Lama
Mengunyah nasi maupun makanan secara perlahan sekitar 20 sampai 30 kali sebelum ditelan, juga dapat membantu program diet. Mengapa demikian ? Karena dengan mengunyah makanan secara perlahan, Anda akan memberikan sinyal dari otak menuju perut bahwa perut Anda sudah penuh atau sudah terisi.

3. Perbanyak Konsumsi Bakteri Baik
Makanlah Yogurt, Kefir, ataupun suplemen probiotik lainnya setiap hari. Namun tidak semua yogurt dan prebiotik sama kandungannya serta tidak semuanya mengandung bakteri aktif baik juga sehat. Carilah produk tersebut, biasanya berlabelkan 'live and active cultures' biasanya produk import, pastikan Anda mengkonsumsinya secara teratur, rekomendasi 5 kali dalam satu minggu untuk mencapai program diet sehat.

4. Makan Secara Sering
Lho kok malah makan secara sering ? hehehe jangan salah dulu. Makan secara sering disini yaitu makan dalam porsi sedikit namun beberapa kali. Janganlah makan sekaligus dalam porsi banyak. Itu justru membuat badan kita gendut dan tidak sehat. Makan dikit namun beberapa kali adalah cara diet sehat yang tidak menyiksa.

5. Olahraga Teratur
Olahraga secara teratur dapat mempertahankan berat badan malah dapat menurunkan berat badan juga. Tidak ada salahnya kan berolahraga tiap hari atau tiap minggu demi mendapat tubuh sehat dan berat badan terjaga. Mulai biasakan olahraga sejak dari sekarang untuk mencapai program diet.

6. Buat Catatan Makanan
Mencatat makanan apa saja yang telah Anda santap dapat membantu Anda untuk lebih berhati hati dalam memilih makanan diet untuk disantap lagi. Ini juga membantu agar Anda tidak kecolongan mengkonsumsi makanan tinggi kalori. Catatan hendaknya dibuat secara akurat dan lengkap. Catat semua meskipun dalam porsi kecil seperti biskuit, roti, minuman dan lain sebagainya. Dengan adanya catatan, Anda bisa menganalisa makanan mana yang membuat berat badan bertambah.


Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang membuat perut kenyang lebih lama lagi. Berikut dibawah ini



Daftar Makanan Diet Sehat


1. Dark Chocolate
Dalam 100 gram dark chocolate hanya mengandung 170 kalori. Menurut penelitian dari Uneversity of Copenhagen, mengkonsumsi dark chocolate sebelum makan bisa membuat kita menyantap porsi makanan lebih sedikit, karena senyawa pada dark chocolate memperlambat proses pencernaan dan membuat kenyang perut lebih lama. Sepotong kecil coklat (seukuran kartu nama) juga bisa menahan hasrat makan asin, manis, berlemak. Ini diperlukan bagi menu diet sehat Anda.

2. Kacang Pinus
Hanya dengan konsumsi kacang pinus 95 kalori per 1/2 ons, sekitar 84 butir kacang kalau dihitung, akan membuat perut menjadi kenyang. Kacang pinus mengandung asam lemak untuk mendapat jantung sehat juga meningkatkan hormon untuk membuat perut terasa lebih kenyang meski belum mengkonsumsi nasi. Jika muncul keinginan untuk ngemil segera lah mencari kacang ini.

3. Keju
Beberapa orang tidak suka keju, namun inilah faktanya. Keju membuat perut lebih kenyang dari biasanya. Piih keju berbahan baku susu sapi atau kambing yang diberi pakan rumput sewaktu masih hidup. Keju dari ternak dengan pakan rumput memiliki sejenis asam lemak ini dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi juga. Cek produk keju berlabel 'grass-fed' untuk memastikan keju tersebut terbuat dari susu hewan ternak pemakan rumput.

4. Susu Skim
Satu cangkir susu skim memiliki 86 kalori. Protein pada susu bisa mengenyangkan perut dibanding minuman mengandung gula. Kandungan CLA pada susu membantu melawan kegemukan.

5. Jeruk
Karena Kandungan seratnya tinggi, jeruk dipercaya membuat perut lebih kenyang dan melawan kegemukan. Makanan ini sangat cocok untuk program diet sehat.